Breaking News

MEMUDARNYA NILAI MORAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN - KARYA TULIS RAYON WAHID HASYIM

Memudarnya nilai moral dalam dunia Pendidikan

Banyaknya orang yang salah mengartikan bahwa orang yang berpendidikan ialah orang yang lulus sarjana dengan nilai yang memuaskan hingga menjadi insan yang berkarir, sehingga melupakan untuk membentuk pribadi yang bermoral, sedangkan tujuan Pendidikan sendiri adalah menurut Undang-Undang pasal 3, Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Nampaknya dalam dunia Pendidikan era ini banyak orang tua yang hanya bereorientasi pada nilai nilai angka, namun tetap memanjakan putra putrinya. Bahkan orang tua mencarikan guru terbaik untuk membantu anaknya sehingga anaknya mampu mencapai nilai yang sempurna. Banyak orang tua yang terlalu fokusnya terhadap nilai putra-putrinya hingga lupa mengajarkan bagaimana cara mencuci baju maupun piring, bagaimana cara menyapu, sehingga menjadikannya bentuk pribadi yang pemalas dan tidak disiplin. Akibat sering memanjakan putra putrinya sehingga menjadikan sosok yang tidak terbiasa dengan kesusahan. Orang tua seperti itu rata rata hanya bergantung pada sekolah yang mereka yakini telah mengajarkan semua hal dari segi akademik maupun akhlak, padahal dalam mendidik seorang anak dibutuhkan kerjasama yang baik antara Lembaga Pendidikan atau sekolah dan orang tua, agar dapat memaksimalkan dalam membentuk karakternya.

Contoh salah satu fenomenal yang sering sekali terjadi di Indonesia yaitu para koruptor, mereka adalah sosok yang pastinya besekolah tinggi hingga lulus sarjana lalu menjadi orang yang terpandang dikarenakan jabatan yang dimilikinya, namun sayangnya mengambil hak yang bukan miliknya.

Menurut pendapat saya mengenai hal tersebut yaitu generasi saat ini lebih memprioritaskan akademik daripada moralnya, dan saya berharap kepada orang tua untuk lebih memperhatikan komunikasi terhadap anaknya untuk lebih mengenal keseharian anaknya dan tetap mengajarkan etika kepada anaknya sehingga anak tersebut menjadi pribadi yang lebih baik dan bermoral.


Penulis : Deandra rizka

Editor : Denny Ramadhani

1 komentar: