Breaking News

Cipayung Plus Surabaya menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Balai Kota Surabaya dan Gedung DPRD Prov Jatim


Ribuan massa mengatasnamakan Cipayung Plus Surabaya menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Balai Kota Surabaya dan Gedung DPRD Provinsi Jawa Timur, Rabu, 13 April 2022.

Massa aksi berasal dari mahasiswa yang tergolong dari beberapa ormek Se-Surabaya. Massa aksi tersebut terdiri dari PMII, HMI, GMNI, GMKI, PMKRI, IMM dan SEMMI.

Persoalan harga dan kelangkaan minyak goreng, kenaikan harga BBM dan menolak kenaikan PPN 11% yang disuarakan oleh massa aksi.

Korlap Aksi Yusa’ mengatakan, hampir 3 tahun masyarakat tak berdaya dengan adanya wabah Covid 19. Kini, ditambah lagi adanya kenaikan BBM dan mahalnya harga minyak goreng semakin membuat rakyat tercekik.

Korlap juga sekaligus ketua 2 PC PMII SURABAYA menambahkan, bukan hanya harga minyak goreng yang mahal, namun kelangkaan minyak goreng yang membuat masyarakat resah.

Maka dari itu, kami mendesak  kepada penegak hukum untuk mengusut tuntas dan menangkap mafia minyak goreng.

Selain itu, adanya kenaikan PPN 11% juga membuat masyarakat gelisah, untuk menstabilkan ekonomi masyarakat agar segera mencabut kenaikan pajak, karena tidak ada jaminan pemulihan ekonomi.


Merespon tuntutan Massa aksi, Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, Apa yang kalian fikirkan, itu juga menjadi pemikiran dari pemerintah kota Surabaya. Hari ini kalau kalian menyampaikan tuntutan, Insyaallah pemerintah kota Surabaya akan menyampaikan tuntutan ini ke pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. 

Kemudian, “terkait dengan minyak merupakan kebijakan pemerintah pusat dan sudah diatur di masing-masing pasar. Tugas kita hanyalah mengawasi minyak yang datang sesuai kapasitas atau tidak.”, Ujar Walikota Surabaya.

Alhamdulillah aksi pada kesempatan kali ini berjalan lancar tanpa aksi anarkis dari peserta aksi apalagi sampai bakar ban. Kami tidak ingin menodai kesucian bulan ramadhan dengan aksi-aksi tidak terpuji, karena kami menilai aksi ini merupakan bentuk ibadah sosial bagi kami”. Ujar Korlap aksi yang berasal dari PMII UNUSA


Pewarta : Sahabat Rizal Efendi 

Editor : Sahabat Denny

2 komentar: